Tips Periksa Kesehatan Mata

Tips Periksa Kesehatan Mata

Tips Periksa Kesehatan Mata

Tips Periksa Kesehatan Mata – Salah satu penyebab mata minus yang paling umum terjadi di masyarakat adalah akibat adanya pola hidup yang buruk. Pola hidup ini meliputi dalam kegiatan memandang atau melihat layar monitor. Baik monitor tv, komputer, laptop atau bahkan smartphone. Jarak pandang yang terlalu dekat akan mengakibatkan otot mata yang mulai mengendur dalam mengatur fokus mata sehingga terbiasa dengan kondisi tersebut. Selain itu bisa pula disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini biasanya adanya keturunan orang tua yang memiliki minus yang banyak. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan mata minus:

 

  1. Genetik atau faktor keturunan

Anak yang dilahirkan dari orang tua yang memiliki bola mata yang lebih panjang dari mata normal, biasanya akan memiliki mata minus karena keturunan.

  1. Kebiasaan buruk

Hal buruk yang merusak mata dan sudah menjadi kebiasaan banyak orang, diantaranya yaitu menatap monitor komputer atau gadget terlalu lama, membaca sambil tiduran, dan membaca pada tempat yang kurang cahaya.  – – Tips Periksa Kesehatan Mata

  1. Kurang nutrisi

Nutrisi untuk kesehatan mata dari dalam seperti vitamin A yang kurang diperhatikan, juga menjadi penyebab berkurangnya kemampuan mata untuk melihat objek jauh dengan jelas.

  1. Penyakit

Penyakit tertentu juga bisa mengakibatkan daya penglihatan berkurang, misalnya glukoma atau penyakit yang berkaitan dengan syaraf mata.

 

Tips Periksa Kesehatan Mata

Jika Anda belum yakin apakah mata Anda minus atau tidak maka Tips Periksa Kesehatan Mata berikut ini bermanfaat untuk Anda, antara lain :

  1. Adaptasi ruang gelap

Tips Periksa Kesehatan Mata yang pertama sekali waktu, perhatikan kemampuan adaptasi mata saat masuk ke gedung bioskop. Dalam kondisi normal, seharusnya mata bisa melihat dengan jelas dalam beberapa menit setelah memasuki ruang teater yang gelap. Jika waktu adaptasinya melebihi 1 menit, ada baiknya pergi ke dokter mata untuk periksa karena ada kemungkinan kekurangan vitamin A pada mata Anda.

  1. Daya tahan di depan komputer

Tips Periksa Kesehatan Mata yang kedua yaitu mengistirahatkan mata. Bekerja seharian di depan komputer memang membuat Tips Periksa Kesehatan Matamata terasa kering, berat dan agak letih di sore hari. Wajar karena itu berarti matanya merasa lelah dan butuh diistirahatkan. Namun waspadai jika disertai mata merah, ada bintik dan menjadi sangat sensitif atau mudah pusing bila melihat cahaya. Ada kemungkinan infeksi, sebaiknya segera periksa ke dokter.

  1. Amati jarum jam

Jarum pada jam analog, juga bisa dipakai sebagi Tips Periksa Kesehatan Mata. Bila salah satu jarumnya tampak lebih jelas dari yang lain, maka ada kemungkinan astigmatisme atau penglihatan kabur karena kelainan bentuk pada kornea. Pada kondisi ini, mata akan melihat area tertentu lebih jelas dibanding area lain di sekitarnya. Kunjungi dokter mata untuk diperiksa lebih lanjut, bila mengalami hal ini.

 

Tips Menyembuhkan Mata Minus

Jika Anda memang mengidap mata minus maka berikut ini ada beberapa tips yang perlu di gunakan sebagai cara mengobati mata minus. Pertama, jika Anda telah mengenakan kacamata, sebaiknya anda tidak terus menerus mengenakan kacamata Anda. jika Anda berada pada ruang yang sempit dan sedang tidak bekerja sebaiknya lepas kacamata Anda. hal ini juga bisa dilakukan jika Anda masih dapat melihat jelas tanpa mengenakan kacamata. Hal ini bisa melatih otot mata untuk membiasakan melakukan akomodasi tanpa mengenakan kacamata.  – Tips Periksa Kesehatan Mata

Cara menyembuhkan mata minus yang kedua adalah dengan cara melatih mata Anda tanpa mengenakan kacamata. Lihatlah suatu benda atau objek tanpa mengenakan kacamata. Misalnya jika Anda pergi ke sawah atau bukit atau ruang outdoor lainnya kemudian lihatlah objek yang jauh tersebut dengan fokus tanpa menggunakan kacamata. Objek yang jauh tersebut untuk melatih pandangan terhadap objek yang diam. Setelah itu anda bisa melatihnya untuk melihat objek yang bergerak. Misalnya dengan cara mengamati motor yang bergerak, orang yang berjalan atau mobil yang bergerak di jalan. Perhatikan gerak-gerik objek tersebut sehingga mata dapat melihat secara utuh tanpa adanya bayangan atau rabun.   – Tips Periksa Kesehatan Mata

Cara menyembuhkan mata minus juga dapat dilakukan dengan terapi obat herbal. Ramuan untuk mata minus  dapat Anda buat sendiri dengan bahan yang ada disekitar kita. Bahan yang di gunakan adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan mencuci dua lembar daun sirih kemudian tempelkan daun sirih tersebut di mata Anda. Lakukan hal ini setiap kali saat Anda sedang tidur. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  – Tips Periksa Kesehatan Mata

 

Semoga Tips Periksa Kesehatan Mata di atas bermanfaat untuk Anda. Terima kasih…

– Tips Periksa Kesehatan Mata

 

 

Tips Periksa Kesehatan Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*