Tips Agar Anak Mau Pakai Kacamata Minus

Tips Agar Anak Mau Pakai Kacamata Minus

Tips Agar Anak Mau Pakai Kacamata Minus

Menentukan kacamata yang terbaik untuk anak Anda memang tak mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama adalah usia anak. Jika anak Anda harus memakai kacamata di usia yang sangat muda, yaitu di bawah tiga tahun (batita), sebaiknya pilih kacamata yang tidak mudah patah. Biasanya bahan lensa kacamata yang aman terbuat dari plastik polikarbonat. Bahan ini tahan lama dan tak mudah pecah jika jatuh atau tertindih. Untuk bingkainya, pilih bahan yang ringan dan tidak akan menimbulkan iritasi. Plastik adalah salah satu bahan yang banyak disukai orang tua, tapi saat ini para produsen kacamata sudah mulai memproduksi bingkai dari logam yang ringan, tak mudah patah, dan awet sehingga cocok bagi anak-anak.

 

Perhatikan juga bentuk kacamata yang sesuai dengan perkembangan anak. Karena anak masih dalam masa pertumbuhan, bentuk wajah dan hidungnya pun masih berubah-ubah. Akibatnya, lama-kelamaan kacamata yang dipakai anak bisa terasa tidak nyaman. Sebaiknya Anda juga mencari model kacamata yang tidak mudah lepas. Saat ini sudah banyak kacamata yang menawarkan tali gantungan atau bahkan menyambung melingkari kepala. Dengan model yang seperti ini, kacamata anak Anda tak akan mudah jatuh atau hilang.

 

Tips Agar Anak Mau Pakai Kacamata Minus

Pada dasarnya, anak akan terdorong sendiri untuk memakai kacamata karena penglihatan yang buram tentu sangat tidak nyaman. Akan tetapi, untuk beberapa kasus di mana anak bersikeras untuk mengabaikan kacamatanya begitu saja, Anda perlu tips agar anak mau pakai kacamata minus. Perhatikan tipsnya berikut ini:

 

  1. Ajak anak untuk beli kacamata

Supaya anak tidak merasa bahwa memakai kacamata merupakan paksaan dari orang tuanya, tips agar anak mau pakai kacamata minus yaitu Anda perlu melibatkan anak dalam setiap prosesnya. Biarkan anak Anda memilih bingkai kacamata yang ia sukai dan jangan memburu-burunya saat ia sibuk memilih. Dengan demikian, anak akan mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap kacamata yang ia pilih.

 

  1. Bersikap positif

Bagi beberapa anak, memakai kacamata bukanlah hal yang mudah. Mereka mungkin takut tampak aneh atau diejek teman-temannya. Maka, peran Anda untuk membangun kepercayaan diri dan sikap positif pada anak sangatlah penting. Jangan membentak anak atau memaksanya memakai kacamata dengan nada yang mengancam. Anda justru harus memberi pengertian bahwa kacamata tersebut akan sangat membantunya untuk melihat lebih jelas. Anda juga bisa menunjukkan foto para selebriti atau tokoh fiksi yang tampak keren dengan kacamata.

 

  1. Melakukan kegiatan yang disukai anak dengan kacamatanya

Kalau anak tetap tidak mau pakai kacamata, tips agar anak mau pakai kacamata minus yang mudah cobalah untuk mengajaknya melakukan kegiatan yang ia sukai seperti menonton film, mewarnai, main game, atau membaca buku. Kegiatan-kegiatan ini membutuhkan daya penglihatan yang baik sehingga bisa jadi kesempatan Anda menunjukkan pentingnya kacamata. Selain itu, pakai kacamata sambil melakukan kegiatan yang disukai anak akan membantunya mengaitkan kacamata dengan hal yang positif dan menyenangkan. Jika di tengah-tengah aktivitas anak Anda melepas kacamatanya, hentikan juga aktivitasnya. Beri tahu bahwa dia baru bisa melanjutkan kegiatannya setelah ia memakai kacamatanya kembali.

 

  1. Membiasakan anak pakai kacamata saat mood-nya sedang baik

Pada masa awal, anak Anda mungkin sulit sekali untuk dibujuk memakai kacamata. Tips agar anak mau pakai kacamata minus maka, pastikan bahwa anak Anda sedang dalam suasana hati yang cerah sebelum Anda mengingatkannya untuk memakai kacamata, misalnya saat anak sudah kenyang dan cukup istirahat. Hal tersebut akan membuat anak lebih terbuka dan mudah dibujuk. 

 

  1. Menjadikan kacamata sebagai rutinitas harian anak

Jika gangguan yang dirasakan anak Anda cukup serius dan anak harus pakai kacamata seharian, jadikan kacamata sebagai bagian dari rutinitas. Tips agar anak mau pakai kacamata minus ini akan membantu anak menyesuaikan diri lebih cepat dan menganggap kacamata sebagai suatu kewajaran dalam aktivitas hariannya. Bantu atau ingatkan anak memakai kacamatanya di pagi hari setelah mandi dan lepas sebelum ia tidur. Tak ada salahnya juga untuk meminta gurunya di sekolah memantau apakah anak Anda sering melepas kacamatanya di kelas.

 

  1. Memuji dan memberikan hadiah kecil

Lama-kelamaan anak pun akan terbiasa untuk mengenakan sendiri kacamatanya tanpa disuruh atau diingatkan. Ketika anak melakukannya, berikan pujian dan ucapkan terima kasih. Supaya ia merasa bahwa usahanya begitu berharga di mata Anda, sesekali Anda boleh memberikan imbalan kecil berupa buku cerita atau film baru. Hadiah tersebut akan membuat anak makin semangat pakai kacamata supaya bisa menikmati hadiahnya dengan penglihatan yang jelas. Untuk memotivasinya lebih jauh, Anda bisa menyiapkan tempat kacamata yang menarik agar anak jadi terdorong untuk merawat dan menjaga kacamatanya baik-baik.

 

  1. Jangan terpancing oleh rengekan anak

Hati-hati jika anak menggunakan kacamatanya sebagai senjata untuk mengancam Anda. Kalau Anda meladeni anak yang mengancam akan melepas atau membuang kacamatanya supaya permintaannya dituruti, ia pun akan merasa berkuasa dan menang. Maka, sebaiknya Anda mengendalikan emosi dan menanggapi rengekan anak dengan tenang.

 

  1. Sabar namun tetap tegas

Langkah ini mungkin adalah yang paling sulit. Ingatlah bahwa membujuk dan membiasakan agar anak mau pakai kacamata bisa memakan waktu bahkan berbulan-bulan. Tetap sabar dan cari segala cara yang paling ampuh bagi anak Anda. Namun, Anda juga harus tegas. Kalau anak melepas kacamatanya, ambil dan pasang lagi dengan tenang sambil mengulangi pentingnya pakai kacamata. Membujuk anak agar mau pakai kacamata itu seperti mengajarkan anak untuk menengok ke kanan dan kiri sebelum menyebrang jalan. Gunakan nada yang tegas supaya anak menyadari pentingnya arahan Anda, tapi jangan sampai anak melihatnya sebagai beban yang menyulitkan. 

 

 

 

Tips Agar Anak Mau Pakai Kacamata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*