Tes Akurat Mata Minus

Tes Akurat Mata Minus

Tes Akurat Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh ialah kelainan pada mata, yang tidak mampu melihat suatu objek benda atau jarak yang jauh dengan baik. Mungkin, Anda bertanya-tanya mengapa mata minus itu dapat terjadi?

Belakangan ini pandangan Anda terlihat sedikit buram atau tidak fokus ketika melihat benda-benda jarak jauh? Bisa jadi Anda memiliki mata minus. Dalam istilah medis mata minus disebut dengan rabun jauh atau miopi. Lantas bagaimana cara mengetahui mata minus atau tidak? Kenali gejala-gejalanya di bawah ini, yuk.

Ada beberapa ciri atau gejala mata minus yang sering diabaikan atau tidak diketahui, apa saja itu? Berikut diantaranya :

  1. Sering berkedip
  2. Sakit kepala atau pusing.
  3. Harus dekat dengan objek
  4. Mata tegang atau lelah
  5. Harus menyempitkan mata terlebih dahulu untuk melihat.

 

Apa penyebab mata minus?

Ada beberapa faktor penyebab mata minus, yaitu riwayat keluarga dan pengaruh lingkungan (seperti terlalu lama menatap layar komputer).

Pemicu umum terjadinya hal ini karena masyarakat kota lebih sering melakukan aktivitas dengan jarak pandang yang tidak jauh. Seperti berjalan-jalan di dunia maya dengan durasi yang bisa dikatakan lama, serta terlalu banyak menonton televisi dengan jarak yang dekat.

Secara sederhana, mata minus bisa digambarkan seperti ini: sinar yang pantulkan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea. Setelah itu objek tersebut difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada kondisi normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina.

Nah, sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun justru berada jauh di depannya. Hal tersebutlah yang membuat orang dengan mata minus melihat benda-benda jauh jadi terlihat tidak fokus atau buram. Kondisi ini bisa disebabkan karena kornea terlalu melengkung atau panjang bola mata yang terlalu besar.

 

Bagaimana cara mengetahui mata minus atau tidak?

Cara mengetahui mata minus atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan mata. Pemeriksaan ini dimulai dari yang paling sederhana, seperti membaca grafik huruf standar yang ada di kartu Snellen, hingga tes akurat mata minus yang jauh lebih rumit dengan menggunakan lensa dan mesin canggih untuk mengamati struktur internal mata.

Pemeriksaan dengan menggunakan kartu Snellen merupakan cara mengetahui mata minus yang paling umum. Tes akurat mata minus dengan cara ini sudah banyak tersedia di berbagai klinik mata serta toko peralatan optik. Sedangkan untuk pemeriksaan yang lebih rumit harus dilakukan di dokter spesialis mata.

 

Langkah-langkah melakukan tes akurat mata minus dengan menggunakan kartu Snellen adalah sebagai berikut.

  • Ketika Anda melakukan pemeriksaan mata, Anda akan diminta untuk duduk atau berdiri dengan jarak 6 meter dari kartu Snellen.
  • Kemudian dokter atau tenaga ahli akan menyuruh Anda untuk membaca huruf yang ada di kartu Snellen menggunakan kacamata khusus (phropter) dari baris paling atas ke bawah, hingga Anda tidak mampu lagi membaca huruf pada baris tersebut. Mata dengan pandangan yang lebih buram akan tes akurat mata minus terlebih dahulu.
  • Dengan menggunakan kacamata khusus tersebut dokter atau tenaga ahli kemudian mengganti serangkaian lensa dan mengukur bagaimana lensa tersebut bisa memusatkan cahaya berdasarkan tanggapan Anda dalam menilai kejelasan pandangan Anda. Lensa tersebut akan terus diganti sampai nanti Anda benar-benar mendapatkan penglihatan yang jelas dan bersih.
  • Ulangi prosedur ini untuk mata berikutnya.

 

Dokter akan melakukan tes akurat mata minus ini tanpa menggunakan tetes mata untuk menentukan bagaimana mata Anda merespon dalam kondisi normal. Biasanya dengan menggunakan kartu snellen dan kacamata khusus sudah cukup sebagai cara mengetahui mata minus atau tidak. Setelah melakukan tes akurat mata minus ini dokter kemudian akan meresepkan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

Tes Akurat Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*