Penyebab Terjadinya Mata Minus

Penyebab Terjadinya Mata Minus

Penyebab Terjadinya Mata Minus

Mata minus atau dalam bahasa medis disebut Miopia (myopia) merupakan gangguan penglihatan yang terjadi akibat terjadinya kesalahan bias umum dari mata yang membuatnya sulit untuk melihat dengan fokus pada objek yang jauh. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami gejala mata minus akan dapat melihat benda atau objek dekat dengan jelas, namun pada saat melihat objek atau benda yang jaraknya jauh penglihatan menjadi buram atau kabur.

 

Penyebab terjadinya mata minus yang utama adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer. Namun masih ada beberapa penyebab mata minus selain hal diatas. Apa saja penyebab terjadinya mata minus? Berikut adalah penyebab terjadinya mata minus antara lain :

 

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Penyebab terjadinya mata minus yang pertama adalah pola hidup yang tidak sehat. Ditandai dengan aktivitas yang dilakukan yang mengharuskan Anda untuk selalu melihat objek dari layar kaca, baik mengerjakan pekerjaan di depan komputer, bermain game, atau menonton hiburan di layar kaca. Semua kegiatan itu membuat kerja mata menjadi lebih besar dan lelah, mata menjadi lebih banyak fokus di objek yang dekat, sehingga fokus mata untuk melihat objek yang jauh menjadi berkurang dan itulah gejala awal mata Anda minus.

 

  1. Kurang istirahat

Penyebab terjadinya mata minus yang kedua adalah kurang istirahat. Pola hidup yang buruk membuat mata kelelahan. Anda bisa berhenti sesaat untuk mengistirahatkan mata dari depan layar komputer selama beberapa saat, pejamkan mata Anda. Dan atur waktu tidur sehingga mata Anda yang lelah bisa beristirahat meski hanya sesaat, jangan mendorong mata Anda untuk selalu terbuka karena bisa jadi mata sehat Anda akan berubah menjadi mata yang minus.

 

  1. Pola makan buruk

Penyebab terjadinya mata minus yang ketiga adalah pola makan buruk. Jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa membuat kesehatan mata berkurang, apalagi jika Anda tipekal orang pencinta makanan cepat saji yang biasanya tidak memerhatikan kandungan yang pas dibutuhkan oleh tubuh. Makanan cepat saji jarang sekali menambahkan sayuran di menu makanan mereka, itulah mengapa mata minus banyak diderita oleh orang perkotaan yang gemar makan di restoran cepat saji.

 

  1. Kurang mengonsumsi makanan sehat

Penyebab terjadinya mata minus yang berikutnya adalah kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata.

 

  1. Sering berada di lingkungan yang kurang sehat

Penyebab Terjadinya Mata MinusPenyebab terjadinya mata minus yang terakhir adalah sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor itulah mengapa debu dan udara kotor menjadi penyebab mata minus sebelah. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab terjadinya mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna juga dapat memicu kerusakan pada mata dan menyebabkan mata minus.

 

  1. Banyak mengkonsumsi gula yang terlalu banyak

Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.

 

  1. Kurangnya mendapat sinar matahari

Kurangnya mendapat sinar matahari juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya mata minus sebelah. Meskipun di awal saya mengatakan bahwa terkena sinar matahari itu dapat berpengaruh pada kesehatan mata, namun itu jika terlalu berlebihan, karena mata kita rentang pada sinar yang terlalu panas dan terik matahari secara langsung.

 

 

Penyebab Terjadinya Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*