Pemicu Mata Silinder

Pemicu Mata Silinder

Pemicu Mata Silinder

Selain mata minus, mata silinder merupakan penyakit yang umum diderita banyak orang. Pada penderita mata silinder, kornea mata mengalami ketidaksempurnaan bentuk, sehingga cahaya yang masuk dari kornea nggak difokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur.

Mata Silinder (astigmatisma) adalah sebuah gejala penyimpangan dalam pembentukkan bayangan pada lensa, hal ini karena terjadinya cacat lensa yang tidak dapat memberikan bayangan garis vertikal dan horizontal secara bersamaan. Mata silinder ini disebabkan oleh masuknya cahaya yang berasal dari kornea tak difokuskan ke satu titik di retina dan akhirnya malah membuat kaburnya penglihatan. Kemungkinan memang hal ini dapat terjadi karena kecacatan dari lahir.

Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil, sakit kepala, mata tegang, dan lelah. Selain itu, penderita biasanya merasakan silau yang berlebih ketika mengendarai kendaraan pada malam hari. Berikut di bawah ini merupakan beberapa pemicu mata silinder yang dirangkum dalam ulasan ini:

 

 

  1. Faktor keturunan

Merupakan salah satu penyebab utama timbulnya suatu jenis penyakit, termasuk pemicu mata silinder ini. Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa kebanyakan penderita mata silinder memiliki faktor keturunan pada keluarganya yang pernah atau sedang menggunakan kacamata silinder.

 

  1. Radiasi cahaya

Kebiasaan buruk sering menggunakan mata melebihi kemampuannya, yaitu dengan memaksa mata untuk tetap aktif melihat padahal mata anda telah memberi suatu respon untuk beristirahat, dapat menjadi penyebab awal mata silinder, terutama akibat radiasi cahaya yang ditimbulkan dari sinar radiasi TV, cahaya monitor komputer. Pemicu mata silinder lainnya yang sering tidak disadari antara lain; membaca dalam pencahayaan yang lebih atau kurang terang, membaca sambil tiduran, ataupun waktu istirahat mata yang kurang akibat sering begadang.

 

  1. Penyakit mata tertentu

Beberapa penyakit tertentu yang dapat menimbulkan pembengkakan, penipisan atau perubahan bentuk pada kornea seperti, Keratoconus / kornea yang membentuk kerucut, infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea, Ptosis atau kelopak mata yang menggantung, sering bisulan di sekitar area kelopak mata, pasca operasi mata, pasca trauma dari suatu kecelakaan yang mengenai mata dapat menjadi pemicu mata silinder.

 

  1. Kekurangan asupan vitamin penting

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk indera penglihatan kita. Mata sebagai salah satu indera tubuh yang sangat penting memerlukan vitamin A untuk menjaga kesehatannya. Selain itu asupan nutrisi, protein dan lemak yang seimbang juga tidak kalah penting bagi kornea mata.

 

  1. Operasi mata

Pemicu mata silinder bisa disebabkan karena pernah menjalani operasi mata. Ketika melakukan operasi mata untuk katarak mata atau mengatasi gangguan pada mata lainnya bisa mengubah bentuk dari kornea mata atau lensa mata, sehingga yang pada awalnya lensa mata cembung sempurna, tetapi ketika setelah menjalani operasi mata akan mengubah bentuk mata sehingga kondisi seperti ini akan menjadi pemicu mata silinder. Karena bisa saja pada saat operasi benda yang digunakan mengubah sedikit bentuk kornea mata.

 

  1. Infeksi mata

Jika bukan disebabkan oleh operasi mata kemungkinan yang menjadi pemicu mata silinder juga karena infeksi mata. Infeksi mata yang memicu sakit mata juga bisa mengakibatkan jaringan parut kornea mata sehingga kondisi tersebut yang akan menyebabkan gangguan kesehatan mata.

 

  1. Pembengkakan atau penipisan kornea

Faktor penyebab mata silinder pun bisa diakibatkan dari pembengkakan kornea mata atau juga bisa penipisan kornea mata. Kondisi yang seperti itu bisa mengakibatkan mata silinder diakibatkan karena masalah kesehatan mata yang berupa perubahan bentuk cembung kornea yang tidak lagi sempurna setelah terjadi pembengkakan atau penipisan.

 

  1. Masalah dikelopak mata

Yang bisa menjadi pemicu mata silinder lainnya yaitu karena masalah pada kelopak mata. Pemicu mata silinder ini akibat kelopak mata yang mengalami iritasi atau pun cidera sehingga mendorong penderitanya menggosok kelopak mata bisa bisa mengubah bentuk kornea mata juga sehingga mengakibatkan mata silinder.

 

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda mengenai apa saja pemicu terjadinya mata silinder. Jika Anda ingin mengetahui penjelasan lebih mendalam, kunjungilah dokter terdekat atau terpercaya Anda. Terima kasih…

 

 

Pemicu Mata Silinder

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*