Obat Mata Belekan Yang Aman

Obat Mata Belekan Yang Aman

Obat Mata Belekan– Penyakit ini ditandai dengan mata merah, berair, ada kotoran mata (belekan), lengket seperti ada benda asing, kadang-kadang bengkak. Bisa menyerang bayi baru lahir hingga orang tua. Bila terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam disebut  hiperakut, akut bila kurang dari 4 minggu dan kronis lebih dari 1 bulan.

Obat Mata Belekan- Penyebab konjungtivitis ini bermacam-macam, seperti bahan kimia, obat-obat tetes mata, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), bakteri, virus (paling sering Adenovirus), kutu,  bahkan dikarenakan Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Gonorrehoea (kencing nanah,) Chlamydia, Molluscum contagiosum.

obat mata belekan

Penanganannya disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Umumnya ditangani dengan kompres mata air dingin, pemberian air mata buatan, pemberian vasokonstriktor/anti histamin, antibiotik. Penggunaan obat atau salep antibiotik harus sesuai resep dokter dan tangan harus selalu bersih saat penggunaan obat. Disarankan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain,  sering mencuci tangan, tidak menggunakan peralatan makan atau mandi secara bersamaan.

Obat Mata Belekan Yang Aman

Obat Mata Belekan Yang Aman

Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Anak kecil hingga orang tua bisa terkena penyakit ini. Belekan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak, bahkan ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya, karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak matanya. Sehingga pandangan menjadi kabur dan terasa ada ganjalan pada bola mata.

Ada dua macam obat mata belekan, salep dan tetes. Untuk penyakit infeksi mata yang berat, daya kerja salep lebih bertahan lama. Sebab, sesuai bentuknya, obat mata belekan berbentuk salep lebih mudah menempel dan bertahan lama pada selaput lendir mata dibandingkan dengan obat tetes. Obat mata belekan jenis tetes ini lekas habis masa kerjanya karena mudah mengalir keluar lagi bersama air mata. Sehingga obat tetes lebih sering dipakai daripada obat berbentuk salep, mungkin setiap 3 – 4 jam sekali. Atau bisa lebih dari itu, sesuai tingkat keparahan infeksinya.

Obat mata belekan yang sering digunakan adalah amoksisilin (Amoxsan, Kalmoxilin, Clavamox), Ciprofloxacin yang diberikan secara oral. Sedangkan tetes atau salep mata yang banyak digunakan adalah Cendo Xytrol, Polydex, Isotic Renator, Alletrol, Reco dan lain sebagainya.

Obat Mata Belekan- Karena penyakit ini mudah menular, maka disarankan untuk sering mencuci tangan dengan antiseptik, tidak menggunakan peralatan makan dan mandi secara bersama-sama. Ini untuk pencegahan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?

KHASIAT BAWANG PUTIH UNTUK OBAT MATA BELEKAN

Bawang putih yang lebih dikenal sebagai salah satu bumbu masak, ternyata mempunyai khasiat yang sangat mujarab. Ini berdasarkan pengalaman penulis, ketika penulis menderita sakit mata (belek).

Untuk obat mata belekan maka langkah yang dapat anda lakukan sebagai berikut :

1. Basuhlah muka anda dengan air bersih, sampai kotoran di mata dan muka anda bersih, terus lap muka anda menggunakan handuk bersih sampai kering.
2. Ambil satu siung bawang putih, di cuci bersih, ujung bawang, kita potong (jawa : puthes) sedikit. Sebaiknya jangan gunakan bawang bombay, gunakan bawang biasa.
3. Gosokkan perlahan-lahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah. Tahan rasa perih.
4. Tunggu beberapa saat maka akan timbul rasa perih, gatal bahkan geli hingga membuat kepala kita seolah-olah bergoyang mengikuti irama musik.
5. Ulangi beberapa kali.
6. Sebaiknya pengobatan ini dilakukan kalau anda mau tidur

Daun sirih juga bisa menjadi altrnatif obat mata belekan, caranya ambil bebrapa lmbar daun sirih cuci hingga bersih, kemudian rendam daun sirih hingga suhunya turun, lalu rembang mata anda yang belekan sambil dikedip- kedipkan, ulangi 3x sehari.
Semoga Bermanfaat,

Mari kita ikhtiar, semua penyakit pasti ada obatnya, bersyukurlah kepada Allah SWT, bagi anda yang di beri kesehatan mata.

 

Obat Mata Belekan Yang Aman

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Obat Mata Belekan Yang Aman

  1. nita says:

    Apakah reco bisa diberikan pada anak usia 14 bulan?

    • Bayu says:

      Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

      Ibu Sona
      0857 8111 3079
      0818 755 799
      0812 9127 3879
      Pin BB 28910E4E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*