Mata Minus Berbeda Sebelah

Mata Minus Berbeda Sebelah

Mata Minus Berbeda Sebelah

Mengapa mata minus berbeda sebelah ? Mata minus atau dikenal juga dengan rabun jauh (miopia) adalah suatu kondisi dimana terjadinya gangguan penglihatan yang menyebabkan fokus mata tidak sesuai dengan seharusnya. Gejala utama dari mata minus sendiri ialah kabur, rabun atau tidak jelas ketika melihat objek yang jauh.

Miopi dapat terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram. Penyebab miopia dapat bersifat keturunan (herediter), ketegangan visual atau faktor lingkungan. Faktor herediter pada miopi pengaruhnya lebih kecil dari faktor ketegangan visual.

Pada kasus tertentu mata minus ini dapat terjadi pada satu mata ataupun pada kedua mata, namun bukan hal tersebut yang jadi masalah, melainkan mata minus berbeda sebelah antara sebelah kanan dan sebelah kiri.

 

Apa bedanya minus mata sebelah kanan dan sebelah kiri serta mengapa mata minus berbeda sebelah ?

Tidak ada penyebab pasti mengapa mata minus berbeda sebelah baik pada mata sebelah kanan ataupun sebelah kiri. Namun salah satu alasan perbedaan antara mata minus berbeda sebelah kanan dan sebelah kiri ialah karena adanya kondisi penyakit yaitu anisometropia.

Anisometropia adalah kondisi di mana dua mata memiliki tidak sama kekuatan bias. Setiap mata dapat rabun (miopia), rabun dekat (hyperopia) atau kombinasi keduanya, yang disebut antimetropia. Umumnya perbedaan dalam kekuatan dua dioptri atau lebih adalah ambang batas yang diterima untuk label kondisi anisometropia.

Sementara itu, perbedaan minus yang sangat jauh antara kedua mata perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Selain pemeriksaan refraksi, diperlukan pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan bagian penerima rangsang cahaya di belakang bola mata dan pemeriksaan saraf mata untuk mengetahui fungsi penglihatan dan bola mata. Seringkali, perbedaan minus yang sangat jauh antara kedua mata, disebabkan karena adanya ambliopia atau mata malas atau bahkan adanya kondisi penyakit mata lain yaitu glaukoma.

Penyebab lain mata minus berbeda sebelah yakni karena cahaya yang masuk kedalam mata tidaklah sama, paparan mata kiri dan kanan pun tidak pernah sama, karena itulah kerusakan yang dialami oleh mata kanan dan kiri pun tidak sama.

Miopia yang terjadi hanya satu mata (atau miopia yang lebih buruk di satu mata) dapat disebabkan karena pembentukan katarak, steepening kornea yang disebabkan oleh ectasia (penipisan), efek samping operasi ablasio retina dan penyakit mata glaukoma.

 

Lalu, bagaimana cara pengobatan yang tepat untuk mengatasi mata minus berbeda sebelah mata atau ke-2 mata ?

Konsumsi vitamin adalah salah satu pengobatan yang tepat untuk miopia. Vitamin dan penglihatan memiliki hubungan dekat untuk waktu yang sangat lama. Vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin D dan vitamin C telah dikaitkan dengan pandangan mata yang baik. Vitamin ini ditemukan dalam vegetarian dan non-vegetarian makanan seperti wortel, tomat, apel, paprika, ikan, berdaun hijau sayuran, kering buah-buahan dan kacang-kacangan, dan sangat bermanfaat.

Kondisi mata minus dapat dikoreksi dengan penggunaan kacamata minus. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan refraksionis atau dokter mata agar kondisi mata Anda dapat diperiksa lebih lanjut sehingga dapat dianjurkan penggunaan kacamata minus dengan ukuran yang sesuai bagi Anda. Selain itu untuk mendapatkan koreksi mata secara permanen dokter dapat pula menganjurkan tindakan khusus seperti operasi LASIK, operasi LASEK, atau photorefractive keratectomy (PRK).

 

Untuk mencegah mata minus semakin bertambah dan menjaga kesehatan mata berikut ini beberapa tips bagi Anda:

  • Bila membaca atau menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama lakukan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit istirahatkan mata dengan memandang obyek di kejauhan yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik
  • Mengatur agar ruangan memiliki pencahayaan yang cukup
  • Konsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata (seperti wortel, kuning telur, susu, ikan tuna, makerel, salmon)
  • Hindari merokok
  • Gunakan kacamata dengan UV protector saat beraktivitas di bawah sinar matahari

 

 

Mata Minus Berbeda Sebelah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*