Faktor Pemicu Mata Minus

Faktor Pemicu Mata Minus

Faktor Pemicu Mata Minus

Mata minus atau rabun merupakan suatu keadaan dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Untuk mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan rabun dekat. Mata minus rabun jauh adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh. Berikut di bawah ini ada beberapa faktor pemicu mata minus yang harus Anda ketahui, antara lain:

 

 

  1. Menonton televisi terlalu dekat juga dengan posisi tiduran

Televisi memiliki layar dengan konsentrasi radiasi elektromagnetik buruk yang dapat menyerang retina jika seseorang menonton tv dengan jarak dekat dan terlalu lama dan menjadi salah satu faktor pemicu mata minus. Pupil maat akan kembang kempis bekerja keras untuk mengatur posisi gambar yang sedang kita fokuskan untuk dilihat. Posisi yang tidak datar antara mata dan tv juga dapat mengakibatkan pupil mata terus bekerja keras untuk menangkap gambar. Akibatnya gambar akan diproses retina secara terbalik dan merasa terbebani karena saraf mata dipaksa untuk bisa terus menagkap gambar yang tidak simetris, hal ini dapat mengganggu saraf mata sehingga menyebabkan mata menjadi minus tinggi.

 

  1. Menggunakan komputer terlalu lama

Milyaran orang diseluruh dunia menyukai teknologi komputer yang mampu membantu aktifitas dan kerja sehari hari menjadi lebih mudah dan efesien. Namun radiasi infra merah dari cahaya layar komputer sama berbahayanya dengan infra merah yang dipancarkan sinar matahari. Jika terus menerus menggunakan komputer secara berlebihan dan jangka panjang maka faktor pemicu mata minus akan lebih tinggi.

 

  1. Kurang asupan Vitamin A

Tubuh yang kekurangan asupan nutrisi vitamin A dapat menyebabkan mata kehilangan kualitas penglihatanya secara bertahap akibatnya ini juga menjadi faktor pemicu mata minus. Kurangnya asupan vitamin A dapat memblokir fungsi saraf dan kesehatan retina. Kondisi tersebut jika terjadi selama bertahun-tahun maka seseorang akan mengalami minus tinggi.

 

  1. Pola hidup yang buruk

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai faktor pemicu mata minus lebih besar ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan. Karena sebagian besar masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selain itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar. Sehingga ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Akibatnya pada saat melihat objek yang jauh mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

 

  1. Faktor Genetika (Keturunan)

Jika Anda mempunyai mata minus, maka cobalah Anda lihat apakah ada salah satu anggota keluarga Anda yang mempunyai mata minus? Misalnya ayah, ibu dsb. Jika memang ada, berarti faktor pemicu mata minus Anda adalah karena faktor keturunan.

 

  1. Kurang Istirahat

Faktor pemicu mata minus juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat. Sama seperti Anda, mata juga membutuhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata Anda untuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor / komputer dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup.

 

  1. Pola makan yang kurang baik

Pola makan Anda yang buruk dapat menjadi faktor pemicu mata minus. Misalnya karena kekurangan mengkonsumsi sayuran misalnya wortel akhirnya anda kekurangan vitamin A dan akibatnya mata Anda mengalami kerusakan.

 

Jenis Jenis mata minus

Rabun jauh atau mata minus mempunyai 3 jenis menurut ukuran kualitas penglihatan seseorang

  1. Minus ringan

yaitu ukuran rabunnya antara 0,5 D sampai 3D dimana seseorang masih bisa melihat orang orang atau benda pada jarak yang jauh walauoun terkadang mengalami pandangan yang kabur dan jelas secara bergantian.

  1. Minus medium

yaitu ukuran rabunnya antara 3D sampai 6D dimana seseorang yang melihat orang orang atau benda pada jaraak jauh yang mulai kabur dan tidak jelas. Nmaun masih bisa mengetahui bentuknya .

  1. Minus tinggi

yaitu ukuran rabunnya sudah mencapai 6D atau lebih dimana seseorang telah kehilangan kemampuannya untuk melihat orang orang atau benda yang jaraknya sekitar kira kira 10 meter saja.

 

 

Faktor Pemicu Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*