Dampak Negatif Mata Minus

Dampak Negatif Mata Minus

 

Dampak Nagatif Mata MinusMata minus atau rabun jauh merupakan suatu kondisi di mana mata kita tidak bisa melihat objek yang jauh secara jelas. Seseorang yang menderita rabun jauh bisa disebabkan genetik maupun faktor kebiasaan buruk, seperti membaca dengan posisi sambil tidur. Jika mata minusmu hanya dibiarkan saja tanpa ada penanganan dan hanya selalu bergantung pada kacamata, bisa membuat mata minusmu semakin parah.

 

Gejala Mata Minus

Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, mungkin Anda perlu memeriksakan mata ke dokter.

  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas
  • Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas
  • Mata terasa tegang
  • Mata terasa lelah
  • Sakit kepala
  • Sering mengucek mata
  • Mata sering berkedip

 

Dampak Negatif Mata Minus

Kerusakan pada mata dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan membuat kualitas hidup berkurang. Jika Anda memaksakan berkendara dalam kondisi mata minus tanpa menggunakan kacamata, tentu akan membahayakan keselamatan Anda. Memaksakan melihat dengan kondisi mata minus juga bisa membuat mata Anda menjadi tegang karena dipaksakan untuk melihat atau memfokuskan objek. Kondisi ini juga dapat menimbulkan sakit kepala. Berikut di bawah ini ada beberapa hal dampak negatif mata minus yang mungkin jarang Anda ketahui, antara lain:

 

  1. Kebutaan

Ibu hamil yang menderita minus yang tinggi sebaiknya menghindari persainan normal. Tekanan ketika mengejan dapat mengganggu saraf mata sehingga dapat menipiskan retina mata secara perlahan dan ibu hamil akan mengalami tingkat minus mata yang semakin bertambah buruk. Dampak negatif mata minus pada kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.

 

  1. Ablasio retina mata

Seseorang yang memiliki kebiasaan dan gaya hidup buruk misalnya menggunakan komputer secara berlebihan atau menonton Tv terlalu dekat dapat menyebabkan mata mengalami penyusutan saraf-sarafnya yang dapat mengakibatkan dampak negatif mata minus menjadi minus tinggi dan secara bertahap mata akan terserang ablasio retina mata. Mata akan mengalami kelainan akibat peradangan di area retina tanpa kita sadari.

 

  1. Tidak bisa bersin dengan lapang

Seseorang yang memiliki mata minus tinggi maka akan mengalami kesulitan untuk bersin secara alami dengan lapang. Ketika bersin maka otot dan saraf mata akan terjadi kontraksi ketegangan yang menyebabkan dampak negatif mata minus yaitu mata terasa sakit.

 

  1. Mata lelah

Seseorang yang memiliki tingkatan minus yang tinggi akan mengalami mata lelah secara berkesinambungan jika tidak segera mengistirahatkan mata dengan cara melihat hamparan perkebunan hijau atau dengan cara tidur sambil mengompres kedua mata dengan teh celup yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin.

 

  1. Sakit kepala

Dampak negatif mata minus yang sering dialami orang orang diseluruh dunia adalah diawali dengan seringnya sakit kepala yang datang tiba tiba. Kelelahan pada saraf mata dapat mengakibatkan jaringan saraf menuju otak menjadi tegang dan aliran darah cenderung sering tidak lancar.

 

  1. Mengantuk

Seseorang yang mengalami mata minus tinggi akan merasakan sering mengantuk apalagi setelah menggunakan komputer dan menonton televisi. Saraf mata yang telah rusak dapat membuat jaringan mata menjadi lemah dan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan mata agar tetap terjaga. Dampak negatif mata minus sering terjadi pada orang orang yang sering merasa mengantuk tiba tiba ketika baru setengah sampai satu jam menggunakan komputer.

 

  1. Kualitas penglihatan buruk

Dampak negatif mata minus dapat menyebabkan penglihatan seseorang semakin berkurang hingga tidak mampu lagi mengenali orang yang ada didekatnya. Minus terlalu tinggi dapat menyebabkan pandangan mata menjadi lebih pendek dan sempit sehingga jika melihat orang yang berdiri pada jarak lebih dari 10 meter wajah orang tidak bisa terlihat dengan jelas. Penyebab rabun jauh bisa beragamn tetapi memiliki dampak yang sama yaitu dapat menyebabkan seseorang melihat wajah seseorang hanya berbentuk datar atau berwarna putih buram.

 

  1. Pembengkakan kelopak mata

Dampak negatif mata minus sering meninggalkan jejak berupa penggelembungan kelopak mata bagian bawah secara bertahap. Kelopak mata akan sedikit pucat kehitaman. Hal tersebut diakaibtakan kelelahan mata dan menurunnya elastisitas kolagen yanga da diarea kelopak mata seiring bertambahnya tingkat minus mata seseorang.

Dampak Negatif Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*