Cara Mengurangi Minus Pada Mata

Cara Mengurangi Minus Pada Mata

Cara Mengurangi Minus Pada Mata

Mata minus atau yang sering disebut juga dengan rabun jauh merupakan kondisi mata ketika tidak bisa melihat objek yang jauh. Objek yang jauh tersebut biasanya akan terlihat kabur. Mata minus juga sering disebut dengan miopia. Tingkat keparahan dari mata minus bisa berbeda-beda pada setiap orang. Setelah kita mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan mata menjadi minus, selanjutnya kita akan membahas berbagai hal yang bisa dilakukan untuk cara mengurangi minus pada mata, diantaranya:

 

  1. Konsumsi makanan yang memberi nutrisi untuk mata

Mata minus bisa jadi disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Untuk meningkatkan daya kerja sekaligus kesehatan mata, Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis senyawa karotenoid tersebut merupakan senyawa utama yang mampu mempertahankan ketajaman mata. Anda juga bisa mendukung cara mengurangi minus pada mata tersebut dengan menambahkan asupan vitamin A, kalsium, zinc, beta karoten, dan vitamin E. Adapun beberapa jenis makanan yang baik untuk mata adalah wortel, alpukat, ikan salmon, jeruk, pepaya, tomat, telur, kol, bayam, dan juga ubi jalar.

 

  1. Melepas kacamata jika tidak diperlukan

Meskipun mata Anda minus jangan sampai Anda menggantungkan diri pada kacamata setiap saat. Cara mengurangi minus pada mata yaitu lepaskan kacamata setiap tidak diperlukan. Terlalu sering memakai kacamata bisa menyebabkan ketergantungan. Alasannya, saat menggunakan kacamata, mata biasanya akan terfokus pada pusat lensa bagian tengah kaca mata. Kondisi tersebut akan membuat bola mata jarang bergerak dan menjadi kaku. Sebagai bukti, seseorang yang menggunakan kacamata biasanya akan menggerakkan lehernya untuk melihat sesuatu dibandingkan harus menggerakkan bola matanya.

 

  1. Sering mengganti objek pandangan

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk menatap monitor dalam waktu yang lama, cara mengurangi minus pada mata yaitu mengganti objek pandangan Anda secara berkala. Pandanglah pemandangan di luar jendela beberapa saat sehingga mata tidak akan terfokus pada monitor terus menerus.

 

  1. Sering menatap objek jarak jauh

Cara mengurangi minus pada mata dengan menatap objek jarak jauh bisa menjadi terapi efektif untuk melatih mata Anda agar tidak terus menerus menatap objek jarak dekat. Jika mungkin, pergilah ke area pegunungan, sebab pemandangan berwarna hijau dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata.

 

  1. Menatap objek yang bergerak

Latihlah mata Anda untuk sering melihat objek yang bergerak agar otot-otot mata tidak kaku. cara mengurangi minus pada mata ini juga berguna untuk melatih kinerja mata ketika melihat objek yang jauh. Anda bisa mencoba metode tersebut dengan melihat kendaraan yang berlalu lalang. Jika hal tersebut dirasa sulit, Anda bisa mencoba bermain ping pong sehingga fokus mata Anda akan tertuju pada bola yang sedang dimainkan.

 

  1. Sisihkan waktu untuk mengistirahatkan mata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mata juga membutuhkan waktu untuk istirahat agar bisa mengembalikan fungsinya secara optimal. Meskipun Anda sangat sibuk, usahakan agar Anda selalu meluangkan waktu untuk istirahat. Jangan terlalu lama menatap monitor. Sisihkan waktu 10 hingga 15 menit setiap jamnya untuk mengistirahatkan mata. Hal tersebut berguna untuk mencegah minus mata semakin bertambah.

 

  1. Senam mata

Senam mata merupakan cara mengurangi minus pada mata yang efektif untuk melatih kelenturan otot mata dan juga mengurangi minus pada mata. Caranya, lakukan pandangan lurus ke depan. Kemudian, lakukan gerakan pandangan ke atas secara perlahan dan pertahankan selama 10 detik. Gerakkan bola mata kembali ke posisi normal (tengah) dan pertahankan selama 10 detik. Lakukan metode tersebut untuk arah bawah, kanan, dan juga kiri. Selanjutnya, lakukan gerakan memutar bola mata 360 derajat selama 10 detik. Metode tersebut bisa Anda lakukan setiap pagi dan sore hari.

 

  1. Teknik eye palming

Cara mengurangi minus pada mata, Anda bisa menggunakan teknik eye palming. Caranya adalah dengan menggosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Setelah itu, tempelkan kedua telapak tangan pada mata. Usahakan agar tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Lakukan metode tersebut hingga mata terasa lebih rileks.

 

  1. Kompres air hangat

cara mengurangi minus pada mata lainnya adalah dengan melakukan kompres air hangat pada mata. Anda cukup menempelkan handuk hangat pada mata hingga mata terasa lebih rileks.

 

Itulah beberapa cara mengurangi minus pada mata yang cukup efektif. Jika minus mata ternyata tidak berkurang lakukanlah pemeriksaan secara medis. Tindakan medis seperti operasi lasik mungkin bisa menjadi alternatif terakhir untuk mengurangi minus mata.

 

 

Cara Mengurangi Minus Pada Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*