Cara Mengatasi Mata Minus Pada Anak

Cara Mengatasi Mata Minus pada Anak

Cara Mengatasi Mata Minus pada Anak

Anak-anak, khususnya yang masih berusia di bawah 5 tahun umumnya masih memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang prima. Organ-organ di dalam tubuh anak pun masih berkembang dan dalam kondisi yang sangat baik. Lantas, apakah mungkin jika anak-anak bisa menderita mata minus? Ternyata hal tersebut sangat mungkin, meski kebanyakan kasus ditemukan pada anak dengan usia diatas 7 tahun. Mata minus bukanlah sebuah penyakit yang dialami secara tiba-tiba. Ada banyak faktor dan penyebab yang menyebabkan seorang anak bisa mengalami mata yang minus. Penjelasan di bawah ini akan mengulas secara lengkap cara mengatasi mata minus pada anak.

 

Cara Mengatasi Mata Minus pada Anak

Ada beberapa cara mengatasi mata minus pada anak, baik secara tradisional maupun pengobatan modern sebagai berikut:

 

  1. Konsumsi makanan penutrisi mata

Cara mengatasi mata minus pada anak pertama adalah memberikan asupan makanan bergizi dan banyak mengandung sumber vitamin yang dibutuhkan tidak hanya oleh mata, namun juga oleh tubuh. Mata membutuhkan vitamin A, beta karoten, vitamin E dan zinc agar dapat berfungsi dengan baik. Kesehatan mata sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang tinggi baik dari makanan maupun sumplemen vitamin tambahan lain.

 

  1. Lepas kacamata bila tidak diperlukan

Memakai kacamata minus akan membantu bola mata untuk mengatur tingkat kefokusan pada jarak tertentu sehingga mata minus tetap bisa memandang dengan nyaman. Saat menggunakan kacatamata, mata akan terbiasa untuk fokus pada pusat lensa di bagian tengah kacamata. Hal inilah yang menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata kurang atau jarang bergerak dan mengalihkan pandanganan ke arah lain. Orang yang mengenakan kacamata akan banyak menggerakkan leher untuk melihat ke sekeliling daripada menggerakan bola mata. Melepas kacamata saat tidak diperlukan akan melatih bola mata untuk mengatur tingkat kefokusan secara alami dan menghindarkan bola mata dari keadaan kaku serta mengurangi tingkat ketergantungan pada kacamata.

 

  1. Mengganti objek pandangan sesering mungkin

Jika anak sering menatap objek dalam waktu yang lama, hal ini bisa mengakibatkan otot mata menjadi tegang dan kaku sehingga memicu mata minus. Cara mengatasi mata minus pada anak sering-seringlah mengajari anak untuk mengganti objek pandangan khususnya saat anak sedang menatap layar komputer, televisi dan gadget.

  1. Menatap objek yang jauh dan berwarna hijau

Objek berwarna hijau memberikan manfaat positif pada mata sehingga menyebabkan otot bola mata menjadi tidak tegang dan kaku. Sering-seringlah mengajak anak bermain di taman dana lam terbuka lain seperti pegunungan, pantai atau taman rekreasi hutan yang banyak pepohonan sehingga memberikan stimulasi positif pada bola mata anak.

 

  1. Latih mata anak untuk memandang objek-objek yang bergerak

Cara mengatasi mata minus pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak untuk berlatih memandang benda-benda yang bergerak, misal kendaraan yang berlalu–lalang di jalan raya. Bisa juga dengan cara menggunakan bola pingpong yang dililitkan pada seutas benang. Ajaklah anak untuk menatap bila pingpong yang diayunkan berulang kali dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata anak

 

  1. Menyisihkan waktu 15 menit per jam untuk mengistirahatkan mata

Anak-anak yang menderita mata minus khususnya yang sudah bersekolah biasanya akan sering beraktivitas yang menuntut mata untuk terus bekerja, semisal membaca buku, menulis, atau menatap layar komputer dalam jangka waktu lama. Ajari dan biasakan anak untuk menyisihkan paling tidak 15 menit per jam untuk mengistirahatan matanya dan memandang objek di kejauhan. Hal ini selain merilekskan otot mata juga mencegah kenaikan mata minus pada anak.

 

  1. Menjaga asupan makanan

Seperti halnya nutrisi baik yang akan membuat mata menjadi lebih sehat, nutrisi buruk juga akan membuat kondisi mata anak yang minus menjadi lebih buruk. Hindari memberikan asupan makanan di bawah ini kepada anak agar minus pada matanya tidak bertambah parah:

  • Minuman yang mengandung kafein tinggi
  • Makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung pengawet, sari manis, dan perisa buatan
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung susu
  • Makanan yang digoreng berlebihan dengan minyak yang berkolesterol

 

  1. Mengonsumsi kombinasi jus 3 buah

Cara mengatasi mata minus pada anak juga dapat dilakukan dengan cara tradisional yang satu ini. Meski tidak ada penelitian medis yang meneliti tentang hal ini, namun pengalaman nyata beberapa orang yang menderita mata minus bisa sembuh total setelah rutin mengonsumsi campuran jus 3 buah ini secara rutin selama 6 bulan. Berikut ini resep membuat campuran jus 3 buah ini:

  • Siapkan buah bit segar dan berwarna merah serta rasanya manis, buah belimbing segar dan matang, serta wortel.
  • Jus masing-masing bahan secara terpisah menggunakan alat juicer khusus yang bisa memisahkan sari buah dan ampasnya. Anda boleh menambahkan air sedikit saja agar sari buah yang didapat bisa lebih banyak.
  • Tuang hasil jus berupa sari buah pada masing-masing gelas. Usahakan takarannya cukup untuk 1 kali minum sebanyak kurang lebih ¼ gelas minum yang biasa digunakan anak untuk minum.
  • Minumkan jus sari buah bit, disusul dengan belimbing, dan terakhir jus sari wortel pada anak. Habiskan dalam satu waktu dan lakukan terapi minum jus ini secara rutin selama 6 bulan pada pagi dan sore hari.

 

  1. Perbanyak nutrisi dari buah

Beberapa jenis buah-buahan ternyata mampu untuk mencegah dan mengobati masalah pada masalah. Diantaranya aneka macam beri, jambu biji, kiwi, anggur, jeruk lemon, blewah, belimbing, melon, pisang, alpukat dan semangka. Buah-buahan ini umumnya mengandung vitamin C, karoten dan lutein yang berkhasiat untuk membantu dan menjaga kesehatan mata.

 

 

Demikian serba-serbi penjelasan cara mengatasi mata minus pada anak. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengatasi mata minus pada buah hati tersayang. Terima kasih..

 

 

 

Cara Mengatasi Mata Minus Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*