Cara Alami Atasi Mata Merah

Cara Alami Atasi Mata Merah

Cara Alami Atasi Mata Merah

Cara Alami Atasi Mata Merah – Mata merupakan organ vital yang rentan mengalami gangguan seperti mata merah dan gatal. Banyak faktor yang membuat gangguan pada mata seperti faktor lingkungan yang kotor, penggunaan lensa kontak, menonton televisi, kurang tidur hingga dehidrasi. Mata merah biasanya terjadi dikarenakan pembuluh darah pada mata mengalami iritasi atau membengkak. Mata merah ini mengindikasikan terjadinya masalah di mata Anda, masalah tersebut bisa berupa masalah ringan hingga yang cukup serius.

 

Penyebab Mata Merah

Penyebab mata seseorang bisa merah yang paling umum terjadi adalah disebabkan oleh pembuluh darah permukaan mata yang meradang. Hal tersebut dapat diakibatkan karena iritasi, yang disebabkan oleh:

  • Debu
  • Udara yang kering atau panas
  • Terpapar sinar matahari
  • Batuk
  • Virus dan bakteri
  • Reaksi pada alergi

 

Selain itu, ada faktor penyebab lain yang cenderung tidak serius namun memberikan tanda bagi Anda. Mata merah bisa disebabkan karena Anda kurang istirahat, namun jika ini yang terjadi, mata merah tak perlu diberikan pengobatan tetapi dapat sembuh dengan sendirinya.

Begitu pula ketika Anda menangis, mata yang merah bukan karena penyakit serius, untuk kategori faktor penyebab yang seperti ini, mata merah tersebut dapat Anda biarkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mata lelah dan menjadi merah itu karena terjadinya perdarahan (Hemorage) subkonjungtival, jadi bercak darah dapat muncul di mata.

 

Cara Alami Atasi Mata Merah

Untuk masalah mata yang serius akan memerlukan bantuan medis, atau Anda bisa memeriksakan ke dokter spesialis mata. Tetapi Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan mata yang merah, khususnya jika mata merah tersebut tak disertai perubahan kemampuan penglihatan dan tak ada rasa sakit. Anda tak perlu khawatir. Terdapat cara alami atasi mata merah seperti berikut ini:

 

  1. Ketimun

Bahan makanan ini memang sudah dipercaya dapat membuat mata semakin sehat. Meletakkan irisan ketimun di mata menjadi Cara Alami Atasi Mata Merahcara alami atasi mata merah dan terasa gatal. Kandungan vitamin dan anti-oksidan di dalamnya dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi mata. Selain itu, cara alami atasi mata merah dengan ketimun ini juga memberikan efek dingin yang dapat membuat mata menjadi lebih tenang.

 

  1. Baking soda

Kandungan dalam baking soda sangat baik untuk membersihkan area mata dari kuman. Kuman itulah yang membuat mata sangat mudah untuk mengalami iritasi seperti mata merah dan gatal. Untuk itu, cara alami atasi mata merah yang bisa Anda lakukan yaitu Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air. Gunakan air ini untuk mencuci mata. Air baking soda juga dapat mengurangi rasa gatal. Tak lupa, bilas dengan air hangat agar mata menjadi lebih tenang.

 

  1. Cuka

Cuka memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai antiseptik dan anti-bakteri. Kandungan inilah  yang dapat mengobati aneka infeksi pada mata. Cara alami atasi mata merah berikutnya yang bisa dilakukan yaitu campurkan tiga tetes cuka pada segelas air. Kemudian cuci mata dengan campuran air cuka ini. Lakukan cara alami atasi mata merah ini dua hari sekali untuk mengusir bakteri dan kuman yang menjadi penyebab iritasi mata.

 

  1. Susu

Susu tidak hanya baik untuk tulang. Ternyata, susu dapat menjadi cara alami atasi mata merah dan gatal yang ampuh dan rekomend. Kandungan vitamin pada susu yang sangat tinggi dapat memberikan nutrisi pada mata sehingga mata dapat kembali sehat. Untuk menggunakan susu sebagai obat mata, Anda perlu menyiapkan kapas. Celupkan kapas pada susu dan oleskan di area mata. Susu yang digunakan harus susu murni yaa.

 

  1. Kentang

Hampir mirip dengan ketimun, kandungan antioksidan pada kentang mampu dijadikan cara alami atasi mata merah dan gatal. Pemakaiannya pun sama dengan ketimun. Kentang yang telah diiris memiliki manfaat pula untuk membuat mata tetap dingin dan rileks. Selain itu, kesegaran yang didapatkan dari kentang sangat ampuh untuk membuat mata terbebas dari rasa gatal.

 

 

Jika mengalami mata merah, itu merupakan tanda bahwa ada yang tak beres dengan mata Anda, Anda harus segera mencari penyebabnya dan disembuhkan sesegera mungkin sebelum terjadi komplikasi.

 

Cara Alami Atasi Mata Merah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*